Minggu, 20 Maret 2016

Setiap Kata Bermakna



Setiap kata bermakna, hm aku selalu ingat kalimat  ini. Kalimat yang selalu diucapkan oleh salah satu dosenku berulang-ulang. Bagaimana tidak, ketika menjawab pertanyaannya otak harus berpikir lebih ekstra agar kata yang keluar tak salah makna. Bisa jadi ketika kita mengatakan sesuatu pada seseorang dan kata itu menurut kita adalah sesuatu yang  biasa, tapi bagi orang lain belum tentu. Siapa yang tahu jika akhirnya kata-kata itu menjadi boomerang dan membekas dihati seseorang. Dari sebuah kata, ada banyak penafsiran yang bisa ditarik garisnya. Karena itulah bahasa Indonesia. Bahasa di negeri yang ku cinta, bahasa yang sarat akan makna.

Bahasa yang paling aku sukai adalah bahasa Ibuku, alasannya sederhana karena lidah ku tak akan keluh sedikitpun ketika mengucapkannya. Ibu adalah alasan mengapa aku selalu ingin pulang. Meski sikap dinginku masih belum benar-benar cair, setidaknya berada didekat ibu membuat hatiku terasa hangat. Berbicara tentang pulang, aku jadi teringat sudah berapa minggu ya aku tidak pulang. Satu bulan ? Mungkin. Meski hatiku selalu ingin pulang, tapi logika menahanku. Aku yakin, setiap hal pada saatnya nanti pasti akan pulang. Semua hanya masalah waktu.

Kembali lagi dengan setiap kata makna. Satu kata yang paling aku ingat ketika aku mengucapkannya aku serasa merubah dunia. Merubah dunia seseorang mulai dari sikap hingga semuanya. Tak peduli seberapa banyak alasan ku utarakan, tetap saja tak berpengaruh. Ia telah ku rubah dan aku tak bisa mengembalikannya. Kejadian seperti ini membuatku belajar, agar mengucapkan kata yang sebisa mungkin tidak menggores luka. Karena pada nyatanya, satu pernyataan dengan kata yang salah dapat mengacaukan segalanya. Aku tahu itu kisah lama, aku hanya bercerita dan mengambil pelajaran dari padanya.

Bercerita tentang kisah lama memang tak ada habisnya, tak ada salah memang mengenang sesuatu yang lama tapi usahakan itu hanya sekadarnya. Jangan membawa sesuatu lebih jauh hingga membuat sesal karena kisah lama itu. Kisah lama adalah pelajaran, setidak menyenangkan apapun ia tetaplah pelajaran. Karena kita perlu perbaikan untuk melangkah ke masa depan. Masa depan yang menyimpan misteri dan seiringnya waktu pasti akan terpecahkan. Selamat melangkah kedepan :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar